What's done in the DARK will surely come to the LIGHT :)

Kamis, 08 Maret 2012

Suddenness

-------------------------------------------

Langit di luar sana mulai gelap. Kendaraan di luar sana juga sudah mulai padat merayap. Keputusan yang salah untuk keluar kantor pada saat jam-jam pulang kerja seperti ini. Tapi untuk terus menahan diri berada di kantor juga tidak membuat Echi merasa lebih nyaman. Selagi ada kesempatan pulang lebih cepat, ya kenapa tidak? Mata jalang Echi bergantian melihat awan, kendaraan, lalu kembali ke awan lagi. Berkali-kali Echi membuka mulut dan mengeluarkan udara, ini adalah proses awal ketika akhirnya Echi menyerah menatap awan yang semakin pekat saja gelapnya dan memilih untuk memejamkan mata sejenak di dalam taksi putih yang bertitel "TARIF BAWAH" dan lagu Run - Snow Patrol tetap menjadi pilihan Echi untuk menuju alam mimpi.

I'll sing it one last time for you
Then we really have to go
You've been the only thing that's right
In all I've done

And I can barely look at you
But every single time I do
I know we'll make it anywhere
Away from here
Light up, light up
As if you have a choice
Even if you cannot hear my voice
I'll be right beside you, dear

Louder, louder
And we'll run for our lives
I can hardly speak, I understand
Why you can't raise your voice to say
To think I might not see those eyes
Makes it so hard not to cry

And as we say our long goodbyes
I nearly do
Slower, slower
We don't have time for that
All I want is to find an easier way
To get out of our little heads
Have heart, my dear
We're bound to be afraid
Even if it's just for a few days
Making up for all this mess
Light up, light up
As if you have a choice
Even if you cannot hear my voice
I'll be right beside you, dear

"Mbak... Mbak." Suara berat di dalam mimpi terdengar sangat nyata sekali. "Mbak, kita sudah sampai tujuan." seketika Echi terhenyak mendengar suara yang tidak lagi terdengar seolah-olah nyata karena suara tersebut memang nyata adanya. Echi membuka mata pelan-pelan, mengucak-ngucaknya, mengecek BB just in case ada yang rindu padanya, mencopot headset sambil setengah kecewa karena tidak ada bbm yang masuk, lalu memasukan BB lagi ke dalam tas. Echi memutarkan kepala ke kanan lalu ke kiri untuk memastikan posisi dimana dirinya berada sekarang. Jendela taksi tersebut nampak basah dan berembun. Sepertinya ketika Echi tertidur tadi, awan hitam menangis.

"Loh, ini dimana Pak?" Ketika Echi melihat susunan huruf-huruf yang berkelap-kelip terkena kilauan lampu jalanan. Well, ini sebenarnya pertanyaan retoris. Echi sengaja bertanya walaupun dia sendiri sudah tau jawabannya. Dan dengan polosnya, si Bapak menjawab, "Senayan City, Mbak. Kan tadi bilangnya... Sen... Ci... kan?" Bapak supir menjawab dengan ragu-ragu seakan tau kalau dirinya keliru. Namun tanpa rasa kesal sama sekali, Echi malah memberikan uang selembaran dengan gambar I Gusti Ngurah Rai ke Bapak itu, "Aku bilangnya Semanggi, Plaza Semanggi. Itu kembalinya ambil aja. Aku gak apa-apa di sini aja, thank you, Pak" lalu pintu taksi di belakangnya pun sudah dibuka oleh security Mall. Seketika Echi sudah di depan pintu Mall dan tersadarlah dia akan tujuan awal untuk bertemu Dede di Semanggi harus diatur ulang lain hari. Mengingat jalanan akan 2x lebih macet kalau habis hujan.

Entah karena nyawa yang masih belum terkumpul atau karena alam sadar Echi yang memang menginginkan masuk ke Mall tersebut, Echi pun berjalan dengan santai melewati petugas-petugas kemanan yang memeriksa isi tas orang-orang sebelum masuk Mall. Di dalam Mall Echi langsung disambut oleh patung-patung tak berambut yang modis dan berpakaian branded, yang bahkan dia saja tidak berani untuk sekedar melihat label harga pakaian di toko itu, "Ha-Ha, kalah lo, Chi sama patung." Ejekan dari suara di kepalanya.

"Shit! Gue mau kemana nih sekarang?" Bisik Echi sekecil mungkin agar hanya dapat didengar oleh diri sendiri. Echi menaiki eskalator lantai demi lantai tanpa adanya tujuan mau berhenti di lantai berapa. Sesampainya, entah di lantai berapa, Echi menikmati jalan di sepanjang lorong-lorong Mall yang sejauh mata memandang cukup sepi pengunjung. Mungkin karena bukan akhir pekan. Echi melihat ke bawah, ke atas, ke samping, benar-benar tanpa tujuan namun dengan langkah pasti terus berjalan sampai akhirnya menemukan sebuah toko yang menggelitik rasa gairahnya untuk segera memasukinya. Tulisan untuk nama toko itu sendiri tidak menggunakan font-font yang biasa digunakan toko lain di Mall ini untuk memberi kesan mewah. Tulisannya cukup sederhana dan simpel tapi justru itu yang membuat Echi semangat untuk segera mendatanginya. Sesampainya di dekat pintu masuk, Echi tersenyum senang melihat papan nama toko itu kemudian mengejanya dalam hati, "ADIDAS"

Tempat pertama yang langsung ditujunya adalah tempat dimana Jersey yang dia idam-idamkan terpajang congkak di sana. Salah satu hal yang disukainya dari toko ini dibanding toko-toko lainnya adalah pakaian yang hanya dipajang dengan menggunakan kapstok dapat terlihat jauh lebih ekslusif dibanding pakaian yang dipajang dengan menggunakan patung, yang bahkan terkadang patungnya sengaja berwarna emas sebagai lambang ekslusifitas. GAH!

Echi terus menelusuri lorong-lorong toko tersebut, yang bagian kanan dan kirinya benar-benar menggugah rasa keinginannya untuk melirik bahkan memilikinya. Jersey terpajang dimana-mana dengan lambang club dan negara masing-masing. Tapi melihat harganya saja sudah membuatnya ngeri. Habislah setengah uang jajan dia bulan ini kalau tetap arogan membeli 2-3 piecesnya. Echi segera menarik diri dari kumpulan pakaian-pakaian yang kata orang-orang "laki banget" itu. Baru beberapa langkah menuju keluar, dia melihat suatu benda yang selanjutnya membuat dia tersadar akan alasan kenapa dirinya tidak complain dengan si Bapak supir taksi tadi ketika dia dibawanya ke sini. Jauh di bawah alam sadar, sebenarnya Echi ingin bernostalgia dengan masa lalu.

Dengan langkah ragu, Echi mendatangi benda tersebut dan menjauhi pintu keluar. Echi memeganginya, mengambilnya dari gantungan, memutar balik untuk melihat kondisinya, dan bagian sedihnya adalah... Ketika dia seolah-olah melihat sosok seseorang yang dirindunya. Echi seakan melihat Panjul ketika dia melihat benda itu. Dulu Panjul sering sekali ke toko ini untuk sekedar melihat benda yang sedang Echi pegang sekarang ini. Echi kembali seolah-olah melihat Panjul memakainya, memakai Jaket hitam dengan lambang Inggris di dada bagian kiri. "How are you, Jul? I miss you. I miss when we were here" bisiknya parau dalam hati. Dikepalanya kembali berputar kejadian silam bersama Panjul ketika mereka mendatangi toko ini. Tanpa sadar, matanya kini mulai berkaca-kaca.

"Mbak, ada yang bisa dibantu?" pemilik suara bas itu membuyarkan lamunan Echi, "eh nggak kok, nih, Mas, makasih" Echi mengembalikan jaket tersebut dan segera keluar menuju Urban Kitchen. Dia memilih tempat duduk paling pojok karena hanya di tempat itu yang ada stop kontaknya. Dia membuka-buka buku menu. Banyak daftar makanan yang membuatnya ingin mengendap-endap masuk ke dapur dan mencicipinya sesendok demi sesendok semua makanan yang ada di dalam dapur Urkit, begitu dia menamai tempat makan tersebut. "Mbak, aku mau Chicken salad dan air mineral aja deh", pesannya kepada pelayan yang daritadi setia berdiri di sebelah mejanya.

Echi memeriksa BB nya yang sejak tadi tidak digubrisnya. Dia sengaja menaruh BB di dalam tasnya agar tidak ada yang mengganggu waktu kencannya bersama nostalgia Panjul. LED BB berkelap-kelip, dilihatnya ada 2 BBM yang belum dibaca.

Dedek: Wey kampret! Sensi jauh ah, ogah kesana. Take care, Dear! :*

Echi tersenyum membaca BBM dari Dedek. Dia tahu bahwa dedek akan menjawab seperti itu. Makanya dia sengaja menaruh BB nya di dalam tas dan tidak dipegang seperti biasanya. BBM ke-2...

Panjul: Chi

------------------------------------------

Tidak ada komentar: